11 Manfaat Beras Ketan - Renjung Rengginang

11 Manfaat Beras Ketan

2 tahun yang lalu           
11 Manfaat Beras Ketan

Ketan atau biasa disebut beras ketan, adalah makanan pokok yang biasa disajikan dalam masakan Asia Tenggara.

Apa saja Manfaatnya yuk Kita Baca Sama - Sama...

 

11 Manfaat Beras Ketan

1. Sebagai sumber energi

Setiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 169 kalori atau sekitar 8% dari rekomendasi asupan kalori harian berdasarkan diet 2.000 kalori. Sebagian besar dari kalori tersebut, 83% berasal dari kandungan karbohidrat beras ketan, dimana dalam setiap porsinya menyediakan sekitar 36.7 gr karbohidrat.

Tubuh memerlukan karbohidrat kompleks, termasuk yang ditemukan dalam beras ketan yang nantinya akan diubah menjadi glukosa, yang kemudian digunakan untuk bahan bakar otak, hati dan fungsi otot.

Selain itu, dalam secangkir beras ketan memiliki sekitar 4% tiamin, niacin yang juga sangat bermanfaat sebagai sumber energi yaitu dengan membantu metabolisme makanan menjadi bahan bakar. Baik sebagai sumber energi.

2. Dapat menurunkan resiko penyakit jantung

Kandungan serat dalam secangkir beras ketan yang dimasak adalah +/- 1,7 gr. Serat dalam ketan juga menawarkan manfaat kesehatan, yaitu memberikan kontribusi untuk diet tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Membantu menangkal radikal bebas

Selenium merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh yang banyak terkandung dalam beras ketan. Senyawa ini bertindak sebagai anti-oksidan dalam tubuh untuk melindungi sel-sel dalam tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

4. Mengatur aktivitas hormon tiroid

Kandungan Selenium dalam beras ketan juga bermanfaat untuk kelenjar tiroid dengan cara mengatur aktivitas hormon tiroid dan membantu pembuluh darah berfungsi dengan baik. Setiap cangkir beras ketan yang dimasak mengandung 9,7 mg selenium, atau sekitar 18% dari rekomendasi asupa harian.

Baik untuk hormon tiroid.

5. Menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat

Beras ketan juga menawarkan kandungan mangan yang bermanfaat bagi kesehatan karena zat tersebut berfungsi untuk menjaga sistem metabolisme tubuh agar tetap sehat.

Metabolisme yang sehat akan membantu memproses karbohidrat, protein dan kolesterol dalam tubuh. Vitamin B-6 mencegah anemia dengan membuat sel-sel darah merah,dan menghasilkan neurotransmitter serotonin, yang mengatur nafsu makan dan suasana hati.

Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness, namun konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengambil lebih dari 100 miligram setiap hari karena terlalu banyak vitamin B-6 dari suplemen dapat menyebabkan masalah neurologis. 

6. Menjaga kesehatan tulang

Manfaat beras ketan yang cukup berperan salah satunya adalah menjaga kesehatan tulang. Menurut Institute of Medicine, kandungan mangan dalam beras ketan juga dapat membantu membuat proteoglikan, yaitu sejenis protein yang diperlukan untuk menjaga tulang rawan serta jaringan tulang lainnya agar tetap sehat.

Setiap porsi ketan menyajikan asupan mangan sekitar 0,5 miligram atau sekitar 22% dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan 28% untuk perempuan. Baik untuk menjaga kesehatan tulang: Manfaat susu Manfaat kentang Manfaat mangga Manfaat kol

7. Menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap sehat

Beras ketan merupakan sumber prebiotik yang baik bagi tubuh yang berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik yang biasanya hidup di usus dan yang diperlukan untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Selain itu kandungan zinc dalam beras ketan juga sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat sepanjang tahun.

Seorang wanita membutuhkan sekitar 8 mg kandungan zinc atau seng setiap harinya, kecuali bagi mereka yang sedang hamil, mereka membutuhkan sekitar 11 mg zinc, karena hal itu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin secara normal.

Satu cangkir nasi ketan memiliki 0,7 mg atau 9% dari rekomendasi harian. Baik untuk sistem kekebalan tubuh.

8. Menyehatkan sistem pencernaan sponsored links

Kandungan serat dalam beras ketan sangat baik untuk membantu menyehatkan sistem pencernakan dalam tubuh.

Dalam secangkir sajian beras ketan yang dimasak mampu menghasilkan kuran lebih 1,7 gr serat atau sekitar 7% dari asupan harian yang direkomendasikan bagi seorang wanita yaitu 25 gr. Baik untuk pencernaan: Manfaat kacang panjang Manfaat belimbing Manfaat apel

9. Membantu mencegah anemia

Kandungan vitamin B-6 dalam beras ketan mampu mencegah anemia dengan cara membantu memproduksi sel-sel darah merah.

Dalam secangkir sajian beras ketan menyajikan sekitar 4% vitamin B6 dari rekomendasi asupan harian. Baik untuk anemia: Manfaat tomat Manfaat bayam

10. Membantu mengontrol nafsu makan

Kandungan vitamin B6 dalam beras ketan mampu menghasilkan neurotransmitter serotonin yang dapat membantu mengatur nafsu makan dan juga suasana hati.

Dalam dosis besar, vitamin B-6 dapat meredakan gejala pramenstruasi sindrom dan morning sickness. Baik untuk mengontrol nafsu makan : Manfaat air kelapa Manfaat buah naga Manfaat buah mahoni

11. Mencegah penuaan dini

Kandungan asam amino dan anti-oksidan yang ada dalam beras ketan dapat membantu merwat kesehatan kulit, yang nantinya dapat mencegah penuaan dini.

Baik untuk mencegah penuaan dini: Manfaat antioksidan Manfaat labu siam Manfaat buah semangka Meskipun beras ketan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh, akan tetapi sebaiknya selalu memperhatikan batas konsumsi yang aman bagi tubuh.

 

Sumber : Manfaat.co.id


Bagikan Artikel 11 Manfaat Beras Ketan


Komentar Untuk 11 Manfaat Beras Ketan